Home / AUTOMOTIVE / Ayo Kenali Sistem Keselamatan Yang Terdapat Di Dalam Mobil!

Ayo Kenali Sistem Keselamatan Yang Terdapat Di Dalam Mobil!

Crash atau terjadinya kecelakaan saat mengendarai suatu kendaraan bukanlah suatu hal yang mustahil. Penyebab terjadinya bisa dari berbagai kemungkinan. Nah, itulah yang menjadi PR bagi setiap produsen mobil agar menciptakan mobil seaman mungkin.

Jadi, bukan hanya membuat mobil yang enak di kendarai, namun juga aman bagi pengendara dan penumpangnya. Namun sayangnya,teknologi keselamatan yang sebenarnya wajib ada pada mobil, belum sepenuhnya tersedia di mobil mobil yang ada dipasaran saat ini.

Terlepas dari itu, kita juga mesti berdoa kepada yang maha kuasa agar di beri keselamatan yaa!.

Okelah, kali ini saya ingin membahas tentang peralatan keselamatan yang terdapat dalam mobil.

Sebenarnya safety di dalam mobil itu terbagi menjadi 2, yaitu Active driving safety dan Passive
driving Safety. Apa perbedaannya? Mari kita lihat!

1. Active driving Safety

Active driving safety adalah system keselamatan didalam mobil yang bekerja secara aktif. Sederhananya, system inilah yang menyelamatkan kita agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Nah, berikut inilah macam macam Active driving safety

  • ESC “Electronic Stability Control”

ESC merupakan suatu sisitem yang menghindari mobil agar tidak understeer dan oversteer sehingga, kemungkinan mobil akan terguling akan semakin kecil. ESC ini, juga bekerja sama dengan system ABS. Di eropa, sebenarnya ini salah satu fitur WAJIB. Dann biasanya jika ingin melakukan pengetesan performa mobil, biasanya ESC ini dimatikan karena akan mengurani
sedikit laju mobil.

Jika membahas mobil termurah yang dijual di Indonesia yang memakai fitur ini, alhamdulillahnya ada Honda mobilio. Dan, belum tentu mobil yang diatasnya memiliki fitur ini. ESC ini tidak bisa dipasang pasang begitu saja, mungkin hampir mustahil. Mobil yang pertama menggunakan ini adalah Mercedes Benz S-Class pada tahun 90-an.

  • ABS “Anti lock Braking System”

Sederhananya, system ini membantu jika anda sedang melakukan pengereman. Dimana, system ini membantu agar ban tidak terkunci, jadi anda dapat melakukan pengereman walaupun sedang berbelok.

Rata rata mobil saat ini menggunakan ABS. Dan untuk mobil di atas 200 juta, hampir semua mobil
menggunakannnya.

  • Lane Departur Warning System

Nah, ini merupakan fitur yang cukup jarang yang ditemui di mobil mobil yang dijual di Indonesia. Lane departure assist ini adalah system keselamatanyang berguna agar mobil tidak keluar jalur, mungkin pada saat anda mengantuk.

Sistem ini berfungsi jika anda sedang ingin keluar jalaur tapi tidak menyalakan lampu sen, sehingga timbul peringatan berupa suara atau bahkan dapat mengintimidasi di bagian pengereman agar stir kembali luru. Mobil termurah yang dijual di Indonesia yang memakai fitur ini adalah Mazda CX-5.

  • Autonomous Braking

Autonomus braking adalah suatu sisitem keselamatan yang berguna jika anda sedang ngantuk atau mobil didepan anda sedang mengerem mendadak. Dengan bantuan sensor sensor, mobil akan melakukan pengereman secara otomatis.

Namun, jangan juga terlalu mempercayai 100% system ini, karena apapun kan itu buatan manusia.

Baca Juga : Daftar Mobil Hybrid Tercepat Di Dunia

  • Blind Spot Monitoring System

Blind spot monitoring adalah suatu peralatan keselamatan yang terdapat di spion mobil. Dasarnya, ketika anda ingin berubah jalur dan menggunakan sen, saat ada mobil atau motor yang ingin menyelip anda akan muncul peringatan berupa seperti gambar lampu di kaca spion. Jika membahas mobil termurah di Indonesia yang menggunakan fitur ini, spertinya hanya Mazda 2 GT.

2. Passive driving savety

Passive Driving savety adalah alat keselamatan yang berfungsi apabila terjadi kecelakaan. Jadi, jika active safety berguna untuk menghindari kecelakaan, passive safety ini berguna saat sudah terjadi kecelakaan. Berikut beberapa alat keselamatan Passive Driving Savety:

  • AIRBAG

Nah, ini merupakan fitur yang paling awam. Karena hampir mobil sekarang ini menggunakan sisitem ini. Namun, biasanya hanya ada 2 yaitu di setir dan di dashboard untuk penumpang depan.

Sebenarnya AIRBAG itu bermacam macam, seperti Curtain AIRBAG, KNEE AIRBAG dan lainnya. Dan, AIRBAG itu hampir tidak ada gunanya jika anda tidak menggunakan seatbelt.

  • Seat Belt

Jika AIRBAG saya katakan sebagai fitur awam, nah ini lebih lebih awam lagi. Seat Belt sudah ada cukup lama, bahkan untuk ukuran mobil yang dijual di Indonesia

Sealt belt ini, sangat sangat penting  untuk keselamatan, walaupun memang banyak dilanggar oleh pengendara.

Dan masih banyak lagi alat keselamatan lainnya, seperti traction control, ISOFIX dan lainnya!.

Terima Kasih telah membaca artikel ini.

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. #INI

Check Also

koleksi mobil raffi ahmad

Wow!!! Inilah Koleksi Mobil Raffi Ahmad | 2017

Koleksi Mobil Raffi Ahmad – Raffi Ahmad, seperti kita ketahui merupakan salah satu artis yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *