Home / AUTOMOTIVE / Bingung Mau Beli Mobil Baru Atau Mobil Bekas?, Berikut Panduan Lengkapnya!

Bingung Mau Beli Mobil Baru Atau Mobil Bekas?, Berikut Panduan Lengkapnya!

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas – Salah satu pertimbangan jika ingin membeli sebuah mobil adalah “yang baru atau bekas”. Karena, dari kedua pertimbangan tersebut masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Jika anda memiliki dana yang besar, maka kemungkinan besar pilihannya adalah membeli mobil baru, namun tak ada salahnya juga untuk melirik mobil bekas.

Namun pada dasarnya, saat memilih mobil bekas atau baru itu semua tergantung kebutuhan anda selaku pemilik mobil tersebut.

Apabila anda masih bingung terhadap hal ini, saya akan memberikan panduan yang mudah mudahan memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

Beberapa hal yang kita akan bahas yakni:

• Keuntungan Jika Membeli Mobil Baru
• Keuntungan Jika Membeli Mobil Bekas
• Hal-Hal Yang Sebaiknya Diperiksa Saat Membeli Mobil Bekas
• Rekomendasi Mobil Bekas Yang Mungkin Cocok Untuk Anda

1. Keuntungan Jika Membeli Mobil Baru

• Kondisi Mobil Masih Fresh

Jika membeli mobil dalam keadaan baru, maka anda tidak perlu khawatir dengan kondisinya.

Anda tidak perlu ragu apakah mobil itu pernah kecelakaan, hasil curian, atau hal hal lainnya, karena ibaratnya ia seperti roti yang baru keluar oven..jadi lapar :(.

Mobil baru tak memerlukan perawatan sehari hari yang intensif.

Hal hal yang menjadi barang mahal pada mobil, seperti  bagian mesin, ban, transmisi, atau baterai baru mungkin tak diperlukan, paling tidak dalam jangka waktu 3 tahun.

Namun, bukan berarti mobil baru tak memiliki masalah.

Dalam beberapa kasus, setidaknya ada masalah masalah kecil maupun besar yang terjadi pada mobil baru. Itu juga tergantung seberapa intensif anda menggunakannya.

• Up-To-Date!

Jika anda membeli mobil yang benar benar baru, maka anda dapat menikmati fitur yang bisa saja takkan ada pada mobil bekas. Produsen mobil tak pernah berhenti dalam membuat inovasi dalam mobil.

MIsalnya, adanya teknologi terbaru seperti autonomus braking, parking assist, blind spot monitoring dll. Pada sisitem multimedia, misalnya sekarang ada fitur air gesture “pada BMW Serie 7 dan 5 terbaru dan beberapa mobil Toyota”.

Sebenarnya, jika anda cerdik, anda dapat memiliki mobil bekas dengan harga yang lebih murah dibanding mobil baru namun dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan mobil baru dengan harga yang sama.

Namun, itu dapat terjadi jika anda betul betul serius dalam mencari mobil yang ada. Karena banyak sekali mobil bekas yang dijual.

• Masih Memiliki Garansi

Karena anda membeli mobil tersebut dalam kondisi baru dan fresh, maka hal wajib bagi tiap produsen untuk memberikan garansi untuk mobil yang telah anda beli.

Ingat!, ini hal wajib, dan anda dapat mengajukan klaim jika terjadi masalah pada mobil anda.

Namun, yang menjadi masalah adalah kadang seseorang melakukan kesalahan sehingga membuat garansi terhadap mobilnya hangus. Hal hal yang menurut kita kecil, seperti mengganti lampu mobil bisa saja membuat garansi mobil anda hangus dan tak berarti.

Apalagi menambahkan elemen elemen yang lebih serius, seperti turbo, supercharger, atau hal hal lainnya yang dapat membakar garansi mobil.

Jika ada pertanyaan “Bagaimana cara mengetahui perubahan yang saya lakukan akan menghanguskan garansi mobil saya?”

Jawabannya adalah, selama anda tidak mengubah spesifikasi dasar, ya garansi anda takkan hangus.

Seperti penggunaan turbo, sebenarnya hal yang baik karena akan menambah tenaga, namun di waktu yang sama itu juga hal buruk mengingat telah mengubah spesifikasi dasar yang telah ditetapkan.

Jadi, berhati hatilah dalam melakukan modifikasi, kecuali jika anda membeli mobil untuk dimodif, itu beda cerita!.

Namun, jika garansi sudah hangus, maka anda harus siap dengan segala resikonya, jika terjadi masalah yang besar, maka anda harus mengeluarkan uang yang lumayan besar untuk memperbaikinya.

• Dapat Memiliki Mobil Sesuai Dengan Keinginan

Sebagai pemilik pertama, anda dapat memilih mobil sesuai dengan keinginan anda. Seperti warna, fitur, trim, model velg dan lain lainnya.

Biasanya, produsen mobil menyediakan optional untuk beberapa line up mobilnya.

Seperti, Lamborghini yang memiliki divisi “Ad Personam”, BMW punya “BMW Individual”, kalau di Honda ada yang namanya paket modulo untuk menambah eksesoris mobil, dan lain lainnya.

Bahkan untuk beberapa brand tertentu, anda “dipaksa” untuk memilih optional yang sangat banyak. Seperti Rolls Royce dan Bentley.

Ya wajar si, karena memang mereka mempertahankan slogan “tak ada mobil kami yang sama”. Dan harganya bro, susah untuk diungkapkan dengan kata kata.

Jadi, jika anda ingin krum kruman yang lebih, body kit tambahan, dan fitur fitur lainnya, semua dapat diminta kepada empunya.

Namun memang tak semua mobil memiliki pilihan optional langsung dari pabrik.
Sebenarnya, anda dapat melakukan hal demikian pada mobil bekas, namun dalam skema after market, yang tak dapat dijamin oleh produsen mobil.

Jika tidak hati hati, anda juga dapat membumihanguskan garansi mobil anda.

• Lebih Hemat Bahan Bakar

Seperti yang kita ketahui, bahwa tiap tahun  regulasi mengenai emisi yang dikeluarkan oleh mobil makin  ketat.

Hal ini menyebabkan produsen terus berinovasi agar emisi yang dikeluarkan oleh lini produknya makin minim.

Banyak cara untuk mengurangi emisi, seperti penggunaan turbo pada mesin mobil.

Biasanya, produsen mobil menurunkan kapasitas mesin, dan menggunakan turbo untuk menaikkan tenaganya.

Misalnya saja, Mercedes-Benz mengganti model Ml350 menjadi Ml400. Dimana, Ml350 memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, yakni 3.500 cc.

Namun, karena aturan perpajakan di Indonesia yang mengharuskan mesin diatas 3.500cc membayar pajak lebih, maka mau tak mau Mercedes Bens menghapus Ml350.

Karena, jika masih dilanjutkan maka harga dari mobil tersebut melambung tinggi dan tak masuk akal.

Maka dari itu, Mercedes Benz menggantinya dengan varian Ml400. Bukan bermesin 4000cc, namun hanya 3000cc.

Tapi, jika Ml350 menggunakan mesin NA “Naturally Aspirated”, maka mesin yang digunakan pada varian Ml400 menggunakan dua buah turbo alias “force induction”.

Sehingga tenaga yang dapat dikeluarkan dari mesin tersebut lebih besar dibanding yang 3500cc. Meskipun kapasitasnya menurun.

Ingat ya, penggunaan turbo hanyalah salah satu cara. Masih banyak cara lain yang dilakukan produsen.

Misalnya penggunaan teknologi dual VVT-I pada mobil Toyota kekinian, ada juga pilihan hybrid, dan metode metode lainnya!.

• Gengsi

Ya, sebenarnya ini sama sekali nggak berpengaruh terhadap mobilnya, tetapi lebih kepada pemiliknya.

Mungki bagi beberapa orang, gengsi adalah segalanya. Jika anda memiliki jiwa tersebut, maka salah satu pilihan adalah menggunakan mobil yang berstatus “baru”.

Namun, usahakan untuk membeli mobil bukan untuk pamer ya!.

Namun, beda halnya jika anda menggunakan gengsi ini untuk niat yang baik.

Misalnya anda seorang pengusaha rental mobil, maka anda dapat percaya diri menawarkan mobil yang masih baru.

Jadi intinya, ambil positifnya saja.

 

2. Keuntungan Jika Membeli Mobil Bekas

• Harga Yang Lebih Murah

Karena, dalam status “bekas”, maka harga dari dari mobil tersebut akan turun. Hal ini membuat anda dapat membeli mobil dengan kelas yang lebih tinggi.

Untuk beberapa kasus, mobil dengan usia 4 tahun memberikan harga yang sangat baik dibanding dengan mobil yang berusia 2 tahun “berdasarkan consumer reports”.

Namun, jika memilih mobil dengan usia 4 tahun, ada harus lebih teliti dengan kondisinya.

Itu diperlukan agar anda tidak menyesal nantinya, beberapa bagian penting seperti mesin, AC, multimedia, setir, ban dan lain lain harus dalam kondisi prima.

Memang, kebanyakan dealer jual beli mobil telah memeriksa mobil yang dijual kepada konsumen.

Namun ada baiknya kita juga memeriksanya supaya anda lebih yakin dengan mobil yang ingin dibeli.

Di suatu kondisi tertentu, mobil bekas juga bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga aslinya. Namun itu untuk hanya mobil mobil khusus yang biasanya diproduksi terbatas.

• Mendapatkan Bonus Lebih Dari Pemilik Sebelumnya

Jika anda beruntung, maka anda bisa mendapatkan mobil dengan fitur tambahan yang spesial, atau kita bisa sebut sebagai “bonus”.

Misalnya saja, pemilik awal dari mobil tersebut memasang TV tunner di mobil, maka anda langsung bisa menikmati menonton TV di mobil secara GRATIS!. Enak kan?.

Misalnya juga, anda dapat mendapatkan mobil dengan jok kulit, atau dengan system multimedia yang lebih canggih dibanding versi aslinya.

Semua itu bisa terjadi bila anda beruntung dan cerdas dalam memilih mobil bekas

• Pilihan Yang Beragam

Memang, salah satu kekurangan dari mobil bekas adalah kita tidak dapat menentukan model mobil sesuai keinginan. Namun, keuntungannya adalah anda dapat memilih berbagai pilihan dari mobil mobil yang ada.

Berbagai macam merk, tipe, kualitas, harga bisa anda temukan di dealer dealer mobil bekas. Namun, dengan luasnya pilihan ini, kita dituntut agar serius dalam mencari.

• Tidak Perlu Menunggu Lama

Biasanya, jika ada sebuah mobil baru yang mengisi segmen pasar yang gemuk “banyak diminati konsumen”, maka akan sangat banyak orang yang memesannya. Akibatnya, kita harus menunggu lama untuk bisa mengendarainya.

Contohnya saja Honda HR-V. Setelah launching banyak sekali orang yang memesannya, sehingga konsumen disuruh agar menunggu untuk bisa meminang mobilnya. #Sabar

Beda halnya jika anda membeli mobil bekas, mungkin tidak selama proses pembelian mobil baru “kecuali proses mencari”.

Namun, kadang juga proses pembelian mobil baru lebih cepat dibanding proses membeli mobil bekas. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

 

#Hal-Hal Yang Harus Diperiksa Saat Membeli Mobil Bekas

Dilansir dari WikiHow, berikut merupakan hal hal yang sebaiknya diperiksa atau dicek saat anda sudah memutuskan mobil “bekas” yang sudah anda pilih.

Oiya, dalam hal ini, jika anda belum hafal 100% tentang seluk beluk mobil, ada baiknya untuk membawa teman kerabat atau montir yang faham mengenai seluk beluk mobil.

Ini diperlukan saat pengecekan bagian bagian vital pada mobil yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Namun, disini saya tetap berusaha agar tipsnya dapat ditelan oleh semua pihak. Baik yang sudah professional maupun yang masih awam.

1. Cek Bagian Eksteriornya

Hal pertama yang anda lakukan adalah mengecek apakah ada goresan ataupun karatan yang terjadi pada mobil tersebut. Perhatikan juga, apakah ada masalah pada ban atau tidak.

Ini penting, Ban harus dalam keadaan yang sama. Maksudnya, setiap ban harus memiliki bentuk, merk dan kondisi yang semuanya baik. Perhatikan juga apabila ada ban yang pecah pecah.

Periksa juga parts parts tambahan, seperti chrome, bodykit, dan lain lain apakah ada bagian yang tidak presisi atau yang rusak.

2. Cek Bagasi

Ini dilakukan agar anda mengetahui apakah ada karatan atau lubang yang bocor. Anda dapat juga memeriksa peralatan elektronis dalam bagasi mobil.

Misalnya, dalam bagasi mobil tersebut memiliki port USB, maka ada baiknya anda mengeceknya. Karena, bisaanya elemen elemen tersebut bisa rusak apabila perawatannya buruk.

Contoh lain, misalnya ada tombol otomatis untuk melipat bangku baris ketiga atau kedua, maka anda dapat mengetesnya dengan melipat bangku berulang kali agar mengetahui apakah ada yang macet atau tidak.

Taklupa, jika mobil tersebut memiliki tail gate otomatis “tombol untuk membuka dan menutup pintu bagasi” maka coba coba gunakan berulang ulang. Sehingga dapat memastikan kalau tombol tersebut dapat berfungsi dengan baik.

3. Periksa Knalpot Mobil

Perhatikan, apakah ada bintik bintik hitam disekitar knalpot. Karena jika ada, ini berarti ada kebocoran . Coba sentuh knalpot dengan jari anda, bila ada kotoran berminyak, maka itu tanda tanda adanya masalah yang cukup serius.

4. Cek Mesin Dan Hal Penting Lainnya

Sebelum memeriksa bagian mesin, perhatikan dulu bagian bawah kap mesinnya, apakah ada penyok atau bagian bagian yang rusak. Pada blok mesin, cari noda minyak berwarna coklat tua.

jika ada maka kemungkinan ada kebocoran pada bagian gasket yang mungkin akan menguras kantong anda jika terjadi masalah masalah serius.

Fan belt harus dalam keadaan baik atau seperti masih baru. Sabuk yang sudah tua dapat mengalami masalah. Dan biaya untuk menggantinya cukup menguras kantong “tergantung jenisnya”.

Cara mengeceknya adalah dengan membukanya, jika ditekuk sedikit ada rettak, tpis, atau tanda tanda sudah ingin putus. Dan saat dipanaskan, ana suara decitan dari mesin.

Meskipun harga dari belt ini mahal, namun jika kerusakannya “masih batas wajar”, bisa kok diperbaiki. Dengan memberikan pelumas khusus fan belt yang berharga 30 ribuan.

Cek cairan transmisi dengan mengeluarkan dipstick transmisi. Jika cairan dalam kondisi baik, bisaanya berwarna merah, merah muda, ataupun cokelat muda.

Jika warna cairan transmisinya menjadi cokelat atau mengeluarkan bau hangus, maka kemungkinan cairan tersebut telah mendidih dan tak dapat lagi menghilangkan panas dari transmisi.

Jika berwarna coklat susu, maka itu berarti ia terkontaminasi oleh pendingin radiator yang diakibatkan karena adanya kebocoran pada pendingin cairan “transmisi otomatis”.

Dan ketika cairan transmisinya bergelembung atau berbusa, maka itu artinya terlalu banyak cairan dalam silinder atau ventilasi pada mesin tersumbat. Sehingga mungkin anda ke bengkel dulu untuk mengatasinya.

5. Periksa Bagian Interior Pada Mobil

Pemeriksaan bagian interior mobil meliputi jok “apakah ada noda atau sobek”,AC, system audio, tombol tombol yang ada pada interior, dan berbagai pengaturan dan fitur pada mobil tersebut. Pastikan “SEMUA” berfungsi dengan baik.

Perhatikan odometernya, lihat sudah berapa jarak tempuh mobil tersebut. Karena, seperti yang kita ketahui bahwa, umur mobil salah satu ditentukan dari jarak tempuhnya.

6. Lihat Catatan Sejarah Dari Mobil Tersebut

Banyak ala an untuk menjual mobil, katakanlah ingin membeli yang model terbaru, atau ingin yang lebih tinggi kelasnya dari pada mobil sebelumnya…dan adapula orang yang menjualnya karena sudah kecelakaan.

Memang, tak selamanya mobil yang sudah mengalami kecelakaan itu buruk. Tapi ada baiknya, beli yang riwayatnya aman aman saja, kecuali anda siap dengan resikonya.

7. Uji Mobil Yang Ingin Dibeli

Menguji mobil sekaligus menjadi tahapan terakhir dalam pemeriksaan mobil ini. Disini, anda dapat merasakan langsung apakah ada yang salah atau anda sudah nyaman dengan mobilnya.

Pertama, uji rem dari mobil tersebut. Cobalah berjalan sekitar 48km/jam “bukan jalanan umum atau pergilah ke jalan yang sepi”. Setelah itu, rem dengan cepat namun, jangan sampai ban mengalami slip.

Jika ada getaran maupun suara “aneh” yang muncul dari rem, itu bisa berarti terdapat masalah. Seperti buruknya caliper atau masalah pada stir.

Cobahlah bermanuver dan bermain main dengan mobil, yang penting usahakan test yang anda coba telah menjadikan anda yakin dengan mobil tersebut.

 

#Mobil Bekas Yang Mungkin Cocok Untuk Anda

•Nissan X-Trail
•Toyota Avanza “kalau punya keluarga besar”
•Chevrolet Spin
•Toyota Corolla
•Honda Civic Generasi Ke 8 atau Civic FD “one of the best civic”
•SUZUKI Ertiga “banyak reviewer lebih menyukai mobil ini dibanding dengan              rivalnya”
•For EcoSport, Focus, Fiesta “kalau anda tidak peduli kalau FMI sudah                      hengkang”
•Toyota Vios
•Dll

Pilihan pilihan tadi kami hanya jadikan sebagai referensi untuk anda. Tentu anda tak perlu terlalu terpaku dengan pilihan diatas.

Oke..Terima Kasih telah membaca artikel ini, mudah mudahan ada manfaat yang bisa anda petik dari tulisan sederhana ini.

 

 Jangan lupa like, komentar jika ada kritik, saran atau sesuatu yang ingin disampaikan , dan share agar orang lain juga dapat melihat tips ini.

Instagram = @fadilmuhaimin
Facebook = fadilmuhaimin

E-Mail      = fadilmuhaimin88@gmail.com

WikiDhil*

  • FanBelt, merupakan alat pada mesin mobil yang berfungsi memutar berbagai komponen mesin. Bentuknya seperti mie gepeng tapi terbuat dari karet “imitasi” dan tali baja.
  • Naturally Aspirated…mesin yang natural, maksudnya belum ada komponen tambahan seperti turbo, supercharge dll.
  • Dipstick Transmisi, terletak di pipa cairan transmsis, fungsinya seperti untuk mengukur dan melihat kondisi cairan transmisi.

 

 Baca Juga

Pengunjung Juga Mencari:

  • knalpot mobil di sentuh jari kok hitam

About Fadhil Muhaimin

Check Also

cara menghitung cc motor

Cara Menghitung Cc Motor | 100% EazyWay

Cara Menghitung Cc Motor – Seperti kita ketahui bersama, bahwa tiap tiap motor memiliki kapasitas …

28 comments

  1. kalau saya sih milih mobil baru karena gak ribet di mesinnya terutama, pastinya mobil baru lebih menjanjikan dan sudah tidak diragukan lagi kakau soal kondisi mesin. Selain itu beli mobil baru gak ribet soal surat suratnya bisa langsung atas nama kita. Yang ribet itu harganya..mobil baru sangat mahal…:D

  2. Bekas ataupun baru selama itu mobil idaman pasti di hajar langsung, duh duh pengen ngebeliin mobil buat ortu

  3. Wah..keren mas. Kalau memang nggak mau berurusan dengan berbagai macam kerusakan..ya memang bagusnya pilih yang baru. Kecuali dah ahli. Tapi, ada juga kok yang "mungkin terjangkau" . Tapi itunya, kita harus pinter pinter milih mas..Terima KAsih telah mengunjungi blog ini! 🙂

  4. Kalau menurut saya sih lebih menjanjikan yang baru, tapi kalo ada yang bekas tapi sesuai dengan keinginan, why not

  5. Mengecek kondisi mobil yang bekas kan harus di bengkel gan, nah gimana kita bisa tau sendiri kondisi mobil bekas kita itu bagus atau tidak tanpa harus ke bengkel?

    • Ikuti saja langkah langkah diatas yang menurut sobat bisa. Misalnya engina, perhatikan cairan transmisinya. Tempatnya biasanya dibagian belakang mesin..lepas dipsticknya dll sesuai ket diatas. DI interior, cek kualitasnya..apakah ada yang goyang2 atau gap yang mengganggu..jika kerusakan masih normal dan masih bisa anda tolerir ya bagus. Dan seperti saya katakan, bawa teman, keluarga, atau orang yang faham tentang mobil. Karena dalam hal ini memang kita harus serius…kan yang make kita juga. Jika sudah nyaman, ya boleh beli dan ada baiknya di test drive. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.

  6. Kalo baru itu memang bagus dab fresh namun jika dana kurang sebaiknya cari yang bekas aja , disini kita harus teliti dalam memilih mobil bekas berkualitas

  7. Lebih bagus beli mobil baru,kalau beli mobil bekas harus ada perawatan ekstra apalagi jik sering rusak. Biaya buat perawatannya bisa buat beli mobil baru malah.

  8. Mending beli mobil baru, kalau mobil bekas kayaknya kurang bagus karena harus lihat mesinnya dulu sebelum beli, bagus apa enggaknya.

    Tapi buat yg kantong tipis mending beli mobil bekas aja dulu kalau ngebet

  9. Thanks gan jadi tau mau milih mobil baru atau mobil bekas

  10. Mobil baru lebih memuaskan gan kalau dipakai, walau harga mahal namun puas sesuai keinginan. Tapi tergantung pulus sii, kalau punya uang lebih silakan beli yang baru

  11. kalau menurut saya beli bekas harus cek bagian mesinlah yang lebih penting soalnya bodi bisa di permak dan di percantik

  12. mantap mas, makasih infonya gan jadi tau gimana untung sama rugi nya beli yang bekas hehe

  13. Jika disuruh memilih antara mobil baru dan bekas..tentu saja saya memilih mobil baru yg sudah memiliki mesin hybrid..namun semua juga kembali pada seberapa besar kita memiliki uang untk membeli nya..karena mobil baru pastilah mahal..

    • Tambah lagi kalau mobil hybrid pajaknya lebih….karena dianggap punya 2 mesin. Ya iya sih, tapikan jadinya hemat energi.

      Thanks For Coming 😀

  14. tetep dong ane mah pilih mobil baru, ngapain beli yang bekas. biasanya yang bekas-bekas mah adanya ditempat samapah bukan ??

    Salam #JOMBLOGGER

  15. mobil baru yang pasti lebih istimewa, tapi mobil bekaspun jika sebelumnya dipegang oleh orang yang telaten tentunya tidak akan kalah bagusnya.
    pilihan saya sementara pengen yang baru karena seandainya terdapat kerusakan karena pemakaian, itu disebabkan karena saya sendiri, maka saya akan lebih puas dalam melakukan reparasi meskipun dengan biaya yang mahal, daripada beli mobil bekas tapi setelah itu keluar masuk bengkel hanya karena kerusakan yang disebabkan pengguna sebelumnya.

  16. Untuk melakukan pengecekan mobil bekas bukannya cuma bisa dilakukan di dealer tempat mobilnya? Alias tidak bisa melakukan checking secara leluasa atau biasa nya hanya melakukan test drive apakah ada hal yang aneh atau tidak.

  17. Jika memungkinkan dan untuk jangka panjang lebih baik membeli mobil baru. Jikapun ingin membeli mobil bekas, harus teliti dan sangat pas 7 poin di atas diterapkan. Mobil bekas namun memiliki kualitas bagus, tidak menjadi masalah.

  18. sajiannya juga bagus dan panjang panjang saya jadi suka.

    kalau mau beli mobil atau tips tips seputar dunia ptomatif saya akan merujuk kesini.

    hehhe..

    dan aya tak tahu harus apa apa lagi selain kagum yang membuncah buncah

  19. Kyaknya klo beli yh bekas yg diutamakam dalamnya masih bagus atau sebaliknya. Klo memungkinkan memang lbih baik yang baru dan teejamin

  20. Jika memang uangnya ada dan bisa mencukupi, saya rasa mobil baru lebih baik. Selain tidak perlu banyak melakukan pengecekan, kita masih dapat garansi dan bisa pula cashback. Sedangkan untuk mobil bekas, kita dituntut untuk mengerti tentang hal-hal otomotif terlebih dahulu dan ini sulit bagi pemilik mobil pemula. Mungkin jika ada pendamping/teman yang mengerti tentang seluk beluk mobil, mobil bekas bisa menjadi pilihan. Anyway, terima kasih atas informasinya, cukup memberi pertimbangan dan informasi yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: