Home / TUTORIAL / Cara dan Syarat Balik Nama Motor | 2017
syarat dan proses balik nama motor

Cara dan Syarat Balik Nama Motor | 2017

Syarat dan Cara balik nama motor – Salah satu hal penting ketika anda baru saja membeli motor bekas adalah melakukan balik nama STNK dan BPKBnya.

Mengapa?, karena jika tidak melakukan balik nama, maka anda akan kesusahan jika ingin membayar pajak tahunan maupun 5 tahunan.

Hal ini disebabkan salah satu syarat untuk membayar tersebut adalah nama yang tertera pada BPKB dan STNK, harus sama dengan nama KTP anda.

Sehingga, anda akan cukup kesulitan untuk membayar pajak motor tersebut. Kecuali motor yang anda beli itu dari keluarga dekat, tetangga, maupun sahabat yang tidak memiliki jarak yang jauh dari kediaman anda.

Itupun, pasti ribet untuk meinjam KTP orang. Untung untung kalau sudah akrab, jika tidak?.

Oke, berikut ini adalah syarat syarat jika ingin melakukan balik nama.

Syarat dan Cara Balik Nama Motor | AutoDhil.COM

#Syarat Balik Nama STNK Motor

  1. STNK motor tersebut disertai dengan fotocopynya.
  2. Fotocopy BPKB motor tersebut .
  3. KTP pembeli motor motor tersebut disertai dengan fotocopynya.
  4. Kwitansi atas jual beli motor tersebut disertai materai Rp. 6000,-

#Cara  Balik Nama STNK Motor

  1. Pergi Ke Kantor Samsat

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah datang ke kantor samsat terdekat. Siapkan dokumen dokumen yang menjadi syarat untuk balik nama kendaraan tersebut meliputi : STNK +fotocopy,  KTP pembeli + fotocopy, dan Fotocopy BPKB.

Kumpulkan ketiga dokumen tersebut menjadi satu. Ingat! BPKB asli dan kwitansi tak usah digabungkan dengan ketiga dokumen tersebut.

      2. Melakukan Tes Fisik Kendaraan Anda

Setelah tahap pertama tadi, maka kendaraan anda akan melakukan tes fisik untuk melihat kondisi motor anda. Pengecekan dilakukan oleh petugas khusus.

Setelah dilakukan pengetesan, maka anda akan diberikan hasil tes fisik berupa lembaran yang juga disertai dengan nomor rangka dan nomor mesin motor anda.

    3. Melakukan Pengesahan “Validasi” Hasil Cek Fisik.

Setelah anda menerima lembaran hasil tes fisik kendaraan anda, maka pergilah ke loket pengesahan cek fisik balik nama motor.

Disini, anda menyerahkan hasil tes fisik disertai dengan berkas yang anda persiapkan pada langkah pertama tadi.

Ditahap ini juga anda harus membayar biaya cek fisik motor anda. jika sudah, maka anda akan diberikan hasil cek fisik yang telah divalidasi “disahkan” dan berkas yang tadi anda serahkan di berikan kembali kepada anda.

    4. Pergi Ke Loket Pendaftaran Balik Nama

Sebelum ke loket pendaftaran balik nama, anda harus menyiapkan beberapa dokumen, antara lain : BPKB asli dan fotokopi, Hasil cek fisik yang telah divalidasi, STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi,  dan Kwitansi pembelian motor yang ditandatangani di atas materai Rp6.000.

Perlihatkan berkas berkas tadi ke petugas untuk diperiksa. Setelah berkas tersebut diperiksa, maka anda akan diminta untuk mengisi formulir.

Nah, formulir yang telah diisi tersebut diserahkan ke loket lain beserta berkas berkas untuk diperiksa kembali. Tunggu sampai nama anda dipanggil.

Jika nama anda telah dipanggil, anda akan mendapatkan sebuah tanda terima yang menyatakan bahwa berkas anda telah diproses. Pada saat itu juga BPKB dan KTP asli anda akan dikembalikan.

Anda juga akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran balik nama. Karena proses sudah selesai, maka anda telah bisa pulang kerumah.

Anda kembali lagi sekitar 2-5 hari atau biar lebih pasti segera tanyakan ke petugas kapan harus kembali untuk pengambilan STNK di kantor samsat.

    5. Pembayaran Pajak

Setelah hari yang telah ditentukan telah tiba, maka di hari itu anda kembali lagi kekantor samsat untuk melakukan beberapa proses lagi dan tentunya untuk mengambil STNKbaru anda yang telah dibalik nama.

Oiya, anda harus membawa berkas berkas meliputi bukti tanda terima pembayaran serta BPKB asli “jika  petugas meminta”. Berkas tersebut langsung anda serahkan ke loket pendaftaran balik nama.

Serahkan juga fotocopy kwitansi pembelian motor dan fotocopy hasil pemeriksaan cek fisik motor anda kepada petugas. Berkas berkas tersebut akan disatukan oleh petugas dengan map dan akan diarsipkan.

Setelah itu, anda akan diberikan perincian jumlah pajak yang harus anda bayar yang disebut sebagai notice pajak. Bayarlah pajak tersebut di loket pembayaran.

    6. Pengambilan STNK Yang Telah Jadi

Akhirnya, setelah melakukan berbagai macam pahapan diatas, kini anda tinggal duduk manis sambil menunggu nama anda disebut.

Nan, ketika nama anda telah dipanggil, maka disaat itulah anda dapat mengambil  STNK yang telah dibalik nama.

#Cara Balik Nama BPKB Motor

Setelah melakukan balik nama STNK motor, kini saatnya untuk balik nama BPKB motor anda.

Sepertihalnya balik nama STNK, ada beberapa syarat yang harus anda harus penuhi untuk balik nama BPKB ini, antara lain:

  1. Fotocopy kwitansi pembelian motor anda
  2. Fotocopy hasil pengesahan cek fisik motor anda
  3. Fotocopy BPKB
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy STNK yang telah dibalik nama sesuai KTP anda.
  6. BPKB asli

Nah, itu tadi syarat yang harus anda persiapkan untuk balik nama BPKB motor anda, setelah itu, ikutilah tahap tahap dibawah ini untuk pengurusan balik nama BPKB motor anda.

syarat dan cara balik nama motor 2017

    1. Datang Ke Polda

Setelah anda lengkapi semua persyaratan untuk balik nama BPKB motor anda, kini anda datang ke POLDA. Ketika anda telah sampai, temui petugas dan katakan bahwa anda ingin balik nama BPKB motor anda.

Petugas tersebut akan memeriksa berkas berkas yang anda bawa. Setelah dicek dan lengkap, maka anda akan diberi nomor antrian dan formulir balik nama BPKB.

Setelah mengisi formulir, maka anda akan diberikan tanda pembayaran ke bank sebesar Rp 80.000,00 “untuk motor”. Nah, lakukanlah pembayaran di loket  bank “BRI” yang telah tersedia.

Jika telah melakukan pembayaran, anda akan diberikan slip bukti setoran serta stiker khusus yang ditempelkan ke formulir pendaftaran.

    2. Mengisi Formulir BBN BPKB

Isilah formulir yang telah ditempelkan stiker khusus tadi. Isi sesuai data motor anda!.

   3. Menyerahkan Formulir Dan Berkas Balik Nama BPKB

Setelah mengisi formulir, anda akan menunggu sampai nomor antrian anda disebut. Jika sudah giliran anda, maka serahkanlah formulir BBN BPKB yang telah anda isi beserta berkas berkas yang telah anda persiapkan.

Anda akan menerima tanda terima bahwa BPKB anda telah diproses untuk dilakukan balik nama. Tanda terima tersebut juga berisi waktu kapan anda harus kembali ke POLDA untuk mengambil BPKB baru.

    4. Pengambilan BPKB Motor Yang Telah Balik Nama

Datanglah kembali ke POLDA untuk mengambil BPKB baru anda. Oiya anda harus membawa tanda terima dan fotocopy KTP.

Tahap pengambilan BPKB baru anda sebagai berikut:

  1. Setelah sampai di POLDA, ambilah antrian untuk pengambilan BPKB. Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil.
  2. Jika telah dipanggil, maka serahkanlah tanda terima dan fotocopy KTP anda ke petugas.
  3. Jika nama anda cocok dengan nama yang ada di BPKB baru tersebut, maka petugas memberikan BPKB baru tersebut kepada anda.
  4. Selesai 😀

Nah, itulah tadi cara balik nama BPKB motor.

Terima Kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda.

Jangan Lupa Share Ya!

Baca Juga

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. #INI

Check Also

biaya mutasi motor

Biaya Mutasi Motor Dan Mobil Tahun 2017

Biaya Mutasi Motor dan Mobil  – Hai, selamat datang di autodhil.com. Bagi kalian yang sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *