Home / AUTOMOTIVE / Cara Menentukan Bahan Bakar Motor dan Mobil
cara mengetahui bahan bakar kendaraan

Cara Menentukan Bahan Bakar Motor dan Mobil

Cara Menentukan Bahan Bakar Motor dan Mobil – Salah satu hal yang tak boleh disepelekan jika memiliki kendaraan , baik motor maupun mobil adalah penggunaan bahan bakarnya. Karena, tiap mesin memiliki perbandingan kompresi yang bervariasi.

Hal tersebut bertujuan agar merawat mesin motor atau mobil itu sendiri. Karenanya, mengetahui perbandingan kompresi mesin anda adalah salah satu langkah yang tepat jika ingin kendaraan tersebut awet serta mempertahankan performanya.

Namun,  kadang kadang pemilik kendaraan tak mengindahkan hal tersebut, dengan alibi untuk menghemat. Sehingga, bisa saja mengisi bahan bakar oktan rendah ke mesin berkompresi mesin tinggi.

Padahal, jika hal tersebut dilakukan, maka salah satu dampak terbesar bagi mesin adalah ngelitik atau knocking. Knocking diakibatkan oleh bahan bakar dan udara dalam silinder yang terbakar sebelum waktunya.

Hal tersebut diakibatkan oleh tekanan atau temperatur ruang bakar dalam mesin yang terlalu tinggi.

Semakin tinggi kompresi mesin, maka semakin tinggi pula tekanan dan temperatur dalam mesin. Nah, semakin tinggi oktan, semakin susah untuk terbakar.

Jadi, kompresi mesin yang tinggi, harus menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi pula agar bensin tersebut tidak terbakar karena tekanan.

Seharusnya, bensin terbakar karena percikan api dari busi. Bukannya karena tekanan dan suhu yang tinggi tersebut.

Jadi, penggunaan bensin ber oktan renda pada mesin berkompresi tinggi juga dapat mengganggu siklus pembakaran pada mesin.

Dan jika hal tersebut terjadi, maka akan merusak mesin dan biayanya bisa lebih besar ketimbang “kehematan” yang anda dapatkan dari bensin ber oktan rendah.

Sebaliknya, jika anda menggunakan bahan bakar ber oktan tinggi tetapi kompresi mesin anda rendah, maka yang terjadi adalah : pembakaran tidak sempurna + banyaknya polusi.

Maka dari itulah, gunakan bahan bakar yang cocok dengan mesin anda :D.

FYI, perbandingan kompresi mesin mobil maupun motor biasanya makin kesini makin tinggi.

Saat ini, tersedia beragam bensin yang ada di Indonesia. Mulai dari oktan 88 “premium”, hingga oktan 98 “Pertamax Turbo”. Di kota kota besar biasanya juga terdapat brand lain diluar pertamina, seperti shell dan petronas.

Jadi, hal pertama yang dilakukan untuk menantukan bahan bakar yang cocok untuk kendaraan anda adalah dengan mengetahui perbandingan kompresi mesin mobil atau motor anda.

Untuk mempermudah, anda dapat mengklik link ini untuk melihat tabel daftar kompresi mesin mobil tiap tiap brand. Dan untuk motor, anda dapat mengklik link ini.

Daftar Tingkat Kompresi Mesin Dan Bahan Bakar Yang Cocok

  • Jika kompresi mesin kendaraan anda 7-9:1, maka bahan bakar yang cocok untuk kendaraan anda adalah yang ber oktan 88, seperti premium.
  • Jika kompresi mesin kendaraan anda 9-10:1, maka bahan bakar yang cocok untuk kendaraan anda adalah yang ber oktan 90, seperti pertalite.
  • Jika kompresi mesin kendaraan anda 10-11:1, maka bahan bakar yang cocok untuk kendaraan anda adalah yang ber oktan 92, seperti pertamax, performance 92, serta Shell Super.
  • Jika kompresi mesin kendaraan anda 11-12:1, maka bahan bakar yang cocok untuk kendaraan anda adalah yang ber oktan 95, seperti pertamax plus, performance 95, serta Shell V Power.
  • Jika kompresi mesin kendaraan anda diatas 12, gunakan bahan bakar beroktan 98, seperti Pertamax Turbo.

Sebenarnya, jika kompresi mesin kendaraan anda diatas 12, lebih baik lagi menggunakan bahan bakar ber oktan 100 atau Pertamax Racing.

Biasanya mobil mobil yang memiliki kompresi mesin setinggi ini adalah mobil mobil sport dan balap macam Lamborghini, Ferrari, McLaren, BMW M, dan lain lainnya.

Namun, harga Pertamax Racing sangat sangat jauh dibanding Pertamax turbo, berkisar 60 ribuan per liter. Sedangkan Pertamax Turbo yang kadar oktannya hanya berbeda 2 memiliki bandrol harga Rp. 8.700 per liter.

Sehingga, Pertamax Turbo dirasa lebih ekonomis, dan tentunya lebih banyak ditemukan dibanding Pertamax Racing.

Bagaimana, sudah tahu kan?

Jika masih ada pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar. Dengan senang hati saya akan menjawabnya.

Sekian dulu, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda 😀

Jangan lupa share ya!

Baca Juga

Pengunjung Juga Mencari:

  • bagaimana cara penentuan penggunaan bahan bakar pada kendaraan
  • cara menentukan bahan bakar
  • cara mengetahui bahan bakar mobil
  • motor dan mobil menggunakan bahan bakar

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. Son of MUH. SYUKUR #INI

Check Also

cara menghitung cc motor

Cara Menghitung Cc Motor | 100% EazyWay

Cara Menghitung Cc Motor – Seperti kita ketahui bersama, bahwa tiap tiap motor memiliki kapasitas …

2 comments

  1. terima kasih informasinya sebagai orang yang buta otomotif aku baru tahu kalo nyari bahan bakar harus disesuikan dengan konpresi mesin nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: