Home / AUTOMOTIVE / Pengertian Transmisi Pada Motor dan Mobil Beserta Jenis Jenisnya
pengertian transmisi

Pengertian Transmisi Pada Motor dan Mobil Beserta Jenis Jenisnya

Pengertian Transmisi dan Jenis Transmisi – Salah satu komponen terpenting dalam mobil adalah transmisi. Merupakan komponen yang tersusun atas sistem elektronis, sistem hidrolik, sistem komputer yang saling bekerja sama satu sama lain sehingga penyaluran tenaga dari mesin ke roda dapat terjadi.

Jadi, sebenarnya apa itu transmisi pada kendaraan?

Apa fungsinya?…

Serta berapa banyak jenis transmisi yang beredar di pasaran..?

Di artikel ini, anda akan mengetahui semua hal tersebut!.

#Pengertian Transmisi, Serta Fungsi dan Jenisnya

Transmisi adalah sebuah perangkat yang terletak di belakang mesin yang berfungsi mengirimkan tenaga dari mesin ke roda. Transmisi bertugas untuk memastikan bahwa mobil berjalan pada putaran mesin terbaik.

Putaran mesin terbaik didapat dari tenaga, serta torsi puncak yang dikeluarkan oleh mesin tersebut.  Sebagai informasi, untuk mesin bensin, biasanya torsi dan tenaga maksimum didapat di sekitar 2.500 sampai dengan 4500 rpm.

Sedangkan untuk mesin disel di bawahnya. Karena, salah satu ciri khas mesin diesel adalah nafasnya yang pendek pendek. Sehingga, biasanya produsen melengkapi mesin diesel dengan gigi yang cukup banyak, seperti transmisi 8 percepatan pada Mitsubishi All New Pajero Sport.

Kembali lagi ke topik. Saat ini, terdapat berbagai macam transmisi. Berbeda dengan dulu yang mungkin hanya ada transmisi manual “5 Speed” dan matic TC  “Torque Converter” biasa.

Di era modern, kini, berbagai transmisi pun muncul seiring dengan kebutuhan konsumen akan transmisi yang lebih cepat, halus, dan memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan transmisi manual biasa maupun TC.

Transmisi modern tersebut seperti CVT “Continously Variable Transmission”, DCT “Dual Clutch Transmission” , Multi Clutch Transmission “MCT” , Transmisi semi automatic, dan ada juga Triple clutch transmission yang sekarang masih dalam  tahap pengembangan yang dibuat oleh Honda.

Dari berbagai macam transmisi tersebut, mari kita bahas satu satu.

Yang pertama yaitu Transmisi Manual

Transmisi manual adalah transmisi yang setiap perpindahannya dikendalikan oleh pengendara. Sehingga, transmisi macam ini memiliki kelebihan utama yaitu dari feeling mengemudi serta kehematan yang sangat baik.

Transmisi manual terdiri dari 3 – 6 gigi. Gear boxnya memiliki beberapa komponen gigi, misalnya gigi susun, gigi utama, dan syncromesh.

Karena perpindahan transmisi masih dilakukan oleh pengendara, maka transmisi ini memiliki kelebihan, yaitu kita yang mengendalikan mobil. Bukan mobil yang mengendalikan kita.

Salah satu kekurangan dari mobil ini selain lebih sulit dibanding otomatis ialah ia memiliki batasan dari segi teknis. Karena, transmisi manual tak dapat menerima tenaga serta torsi yang sangat besar, misalnya diatas 600hp.

Hal tersebut dikarenakan semakin besar torsi yang dikeluarkan oleh sebuah mesin, maka semakin besar juga kopling dari mobil tersebut. Sehingga, bobot mobil akan semakin bertambah buruk yang akan mengganggu performan dari mobil tersebut.

Jadi, rata rata sekarang mobil sport sudah enggan menggunakan transmisi manual dan menggantinya dengan transmisi kopling ganda atau dual clutch serta torque converter modern.

Kedua adalah transmisi otomatis torque converter “TC”.

Transmisi otomatis macam ini adalah model transmisi yang dapat memindahkan gigi secara otomatis dengan melakukan berbagai macam penyesuaian. Dalam hal ini, minyak transmisi yang berfungsi untuk memindahkan gigi serta fluida dari kopling secara otomatis.

Sehingga, jika anda memiliki mobil dengan transmisi macam ini seharusnya selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian dari minyak koplingnya.

Komponen dari transmisi otomatis ini adalah yang pastinya torque converter, planetary gear unit, serta hydraulic control unit.

Torque converter akan memindahkan gigi ketika mesin pada mobil telah mencapai putaran mesin tertentu yang dikelola oleh komputer. Perpindahan ini dilakukan sesuai dengan kondisi pengendaraan mobil tersebut.

Bisa di putaran bawah, maupun putaran atas ketika ingin berkendara secara agresif atau ketika ingin melakukan kick down.

Kelebihan dari transmisi ini adalah rasa berkendara yang masih baik, meskipun sudah otomatis. Walaupun memang, transmisi macam ini cenderung tidak halus, sehingga mengurangi kenyamanan.

Ketiga adalah CVT…

Transmisi model ini sebenarnya hampir mirip dengan skutik matic yang banyak beredar di pasaran. Karena, alih alih menggunakan gigi, transmisi model ini hanya mengandalkan belt yang dihubungkan oleh dua puli.

Jadi, sebenarnya dalam transmisi ini tidak melakukan perpindahan sama sekali.

Dengan pernyataan tadi, mungkin ada pertanyaan yang muncul, “lah, kalau begitu, bagai mana seperti mobil Civic Turbo yang menggunakan CVT tapi tersedia mode manual?”.

Jawabannya adalah kehadiran ECU “Electronic Control Unit” yang bertugas mengatur diameter dari puli tersebut.

Sehingga, kelihatannya mobil tersebut mengelami perpindahan gigi padahal sebenarnya tidak.

Penggunakan belt “sabuk” ini membuat transmisi CVT sangat halus, namun memang kehalusan tersebut membuat rasa berkendara menjadi berkurang karena tak ada efek hentakan. Jadi, biasanya mobil dengan transmisi macam ini tak digandrungi oleh orang orang yang menyukai mengemudi secara agresif.

Keempat adalah DCT, atau kopling ganda..

Disebut kopling ganda karena memang nyatanya trasnmisi ini memiliki 2 kopling. Satu yang mengurusi gir genap “2,4,6 dst” dan satunya lagi bertugas mengurus gir ganjil “1,3,5,7, dst”.

Kelebihan utama dari transmisi ini adalah perpindahannya yang sangat cepat. Sehingga, rata rata supercar sekarang ini menggunakan transmisi DCT.

Namun, yang perlu di ketahui bahwa transmisi DCT ini terbagi menjadi 2…

Yaitu DCT dry clutch “kopling kering” dan wet clutch “kopling basah”.

Jika disuruh yang mana lebih baik, yaa banyak faktor. Namun, ada yang berkata jika kopling kering itu agak anjrut anjrutan atau agak ragu dalam melakukan perpindahan, seperti setengan kopling setengah kopling pada saat berjalan normal.

Namun, sejak adanya kopling kering pada DCT, maka problem tersebut dapat teratasi. Sehingga, kini mobil mobil yang menggunakan transmisi DCT wet clutch sudah sangat baik dalam perpindahan di kecepatan normalnya.

Tapi, kelebihan wet clutch juga diiringi dengan  kekurangannya, yaitu mahal dan penggantian oli transmisinya lebih cepat. But, tak apalah.. saya yakin orang yang membeli mobil dengan transmisi macam ini sudah tak peduli lagi dengan biaya. Yang penting mobilnya bisa melaju secepat mungkin.

Nah, selain transmisi di atas sebenarnya masih ada lagi, seperti semi automatic transmission atau biasa juga dikenal sebagai Automatic Manual Transmission.

AMT “semi otomatis” adalah sebuah transmisi, dimana pengendara yang tetap memindahkan transmisinya namun tak perlu menginjak kopling. Jadi karena itulah dinamakan sebagai semi automatic.

Untuk transmisi MCT, sebenarnya itu hanya transmisi torque converter biasa. Namun, torque converter di gantikan dengan clutch pack yang berisi beberapa kopling. Maka dari itulah disebut sebagai MCT “Multi Clutch Transmission“.

Dan, transmisi MCT ini hanya digunakan di beberapa mobil AMG Mercedes Benz, jadi untuk ini kita tak perlu bahas lebih jauh.

Oiya, saya rasa, kita tak perlu membahas  transmisi 3 kopling dari Honda, toh belum ada mobil yang menggunakannya. Hanya Honda baru mematenkan transmisi tersebut. Nanti kita lihat saja, apakah Honda betul betul menggunakan transmisi tersebut dan membuang transmisi CVT pada mobil turbo Honda yang membuat banyak orang kecewa.

Baik, sekian dulu…

Terima Kasih telah membaca artikel ini :D.

Baca Juga

Pengunjung Juga Mencari:

  • makalah transmisi manual 5 speed
  • makalah transmisi manual dan fungsinya
  • pengertîan transmisi gd825a
  • pengertin transmisi dan jenis tranmisi
  • perpindahan gigi yang halus dan cepat didapat pada tipe transmisi apa?

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. Son of MUH. SYUKUR
#INI

Check Also

cara menghitung cc motor

Cara Menghitung Cc Motor | 100% EazyWay

Cara Menghitung Cc Motor – Seperti kita ketahui bersama, bahwa tiap tiap motor memiliki kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: