Home / Uncategorized / Sportscar, Supercar, dan Hypercar…. Apa bedanya?

Sportscar, Supercar, dan Hypercar…. Apa bedanya?

Dulu, kalau membaca artikel artikel mengenai mobil mobil dengan kecepatan yangluar biasa, saya sering mendapatkan kata kata tentang sportscar,supercar,danhypercar. Pada awalnya saya kira itu semuanya sama.

Saya masih mengira bahwa sebuah “BUGATTI” itu adalah sebuah sportscar, dan BMW M4 adalah sebuah “hypercar”.

Namun….semua itu berubah setelah Negara api menyerang.

Ternyata, saya salah!. Karena, sebenarnya antara sportscar, supercar, dan hypercar itu memiliki kasta yang berbeda.

Jadi, saya ingin memberitahukan kepada anda agar jaga jaga. Siapa tahu teman anda mempunyai McLaren F1 dan anda mengatakan bahwa itu sebuah sportscar..hehehe. Bisa saja kan?.

Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

  1.  Sportscar

 

Bisa dibilang, sportscar merupakan kasta “terendah” dalam jajaran ini. Kenapa?, karena walaupun kencang, mobil ini hanya bisa berada di kecepatan sekitar 281 km/jam.

Jadi, walaupun berada di kasta “terendah”, namun jangan salah, mobil mobil sportscar sudah sangat membuat anda terkesima. Rata rata sportscar itu memiliki konfigurasi tempat duduk hanya  untuk 2 orang, jadi tidak ada yang jadi kambing congek didalammnya..hehehe.

Nah, mobil ini sangat cocok buat kamu yang suka kecepatan namun kurang kaya  untuk membeli sebuah supercar atau hypercar . Dan kalau mobil sportscar itu perwatannya tidak semahal supercar ataupun sportscar.

Untuk harga, biasanya berada di range 1 M bisa juga lebih ataupun kurang dari itu, tergantung model, tenaga, build quality dan aspek aspek lainnya. Dan sportscaritu berproduksi massal, jadi tidak terbatas. Berikut beberapa contoh sportscar:

  • Porsche Cayman
  • Lotus Elise
  • Jaguar F Type
  • BMW Z4
  • Dan masih banyak lagi…

2. SUPERCAR

 

 

Nah, sekarang kita berada di kasta pertengahan yaitu “supercar”. Biasanya mobil mobil sportscar itu berada di rentang harga 2M  atau bahkan sampai10M. Kembali lagi, itu semua tergantung Model, Build quality, “merk”, dan pastinya tenaga yang dihasilkan. Untuk top speed, bisa mencapai 322km/jam yang pastinya akan sangat susah dicapai di jalan raya.

Mengendarai mobil macam ini memang dibutuhkan konsentrasi yang cukup baik agar dapat mengendalikan mobilnya, apalagi di jalanan umum. Bukan main main, sekali menginjak gas, tenaga dan torsi badak siap menyambut anda. Jika berbicara tentang jumlah produksinya, ada yang terbatas namun ada juga yang memproduksinya secara massal.

Berikut adalah beberapa daftar mobil yang termasuk supercar:

  • Ferrari 488 GTB
  • Lamborghini Gallardo LP570-4
  • Lamborghini Huracan
  • Nissan GTR
  • Aston Martin V12 Vantage Coupe
  • Dan masih banyak lagi…

3. Hypercar

 

Nah, inilah sang top of the linenya. Jikalau membahas tentang mobil mobil “hypercar”, maka kita dihadapkan dengan brand mobil macam Koenigsegg, Bugatti , McLaren “sebagian” dan lainnya.

Kecepatannya lebih dari 321km/jam. Weww..ngeri ya!. Mobil mobil yang tergolong hypercar itu bukanlah mobil sembarangan, jadi memang tidak diproduksi secara berlebihan dan karena memang tidak semua orang bisa membelinya.

Dan akan  sangat jarang atau bahkan mustahil menemukan perusahaan asuransi yang menerima  mobil hypercar. Karena memang biaya perawatannya sangat sangat mahal.

Sebenarnya, sebutan hypercar ini masih bisa dikatakan “baru” dalam kamus otomotif. Ada sumber yang mengatakan bahwa kata hypercar ini muncul sejak munculnya McLaren F1. Sang mobil legenda karena kecepatannya yang sangat luar biasa di jamannya, bahkan hingga sekarang. Sekitar 380km/jam pada tahun 1993.

Berikut adalah beberama mobil yang termasuk hypercar:

  • Koenigsegg One:1
  • Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse
  • Lamborghini Aventador LP700-4
  • Porsche 918 Spyder
  • McLaren P1

Masih ada satu lagi sih yaitu Devel sixteen yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 5000hp. Namun, mobil itu masih sebatas konsep atau prototype. Namun bukan hal yang tidak mungkin itu akan terwujud. Kita nantikan saja, apakah ia bisa membuktikannya atau hanya menjadi sebatas konsep.

Baik, itulah perbedaan antara sportscar, supercar dan hypercar. Sudah tahu kan?. Jika anda melihat artikel lain, mungkin ada perbedaan karena ada yang membaginya menjadi 3(sportscar,supercar,hypercar) dan adajuga yang membaginya 2 macam, yaitu hanya sportscar dan supercar.

Tapi tetap, semua mobil tersebut sama sama dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

Baik sekian dulu, saya harap anda mendapatkan manfaat dari artikel ini!.

Don’t forget to like, share and read more my article.

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. #INI

Check Also

syarat mobil grabcar

Inilah Syarat Mobil GrabCar

Syarat Mobil GrabCar – Grab, aplikasi rintisan Anthony Tan ini memang banyak menuai pujian serta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *