Home / TUTORIAL / Syarat Dan Cara Bayar Pajak Motor Dengan Mudah 2017 | Panduan Lengkap
sayarat bayar pajak motor

Syarat Dan Cara Bayar Pajak Motor Dengan Mudah 2017 | Panduan Lengkap

Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor –  Seperti yang kita ketahui, jika kita memiliki sebuah kendaraan, baik itu mobil ataupun motor, maka sebagai warga negara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap negara, seharusnya kita harus rajin membayar pajak kendaraan tersebut.

Pajak ibarat bahan bakar suatu negara, sehingga jika malas membayar pajak, itu sama saja menghambat pertumbuhan suatu negara.

Namun, dalam melunasi pajak motor, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi.

Sebenarnya syaratnya tak terlalu banyak, namun karena kurangnya pengetahuan mengenai sayarat syarat tersebut, beberapa pengguna malah menggunakan jasa seseorang yang membuatnya mengeluarkan biaya ekstra.

Ya, sebenarnya tidak salah juga sih, tapi pasti memiliki resiko dibanding anda sendiri yang membayar pajak. Apalagi ada fee yang dibayarkan kepada “oknum calo” tersebut.

Jadi sebenarnya apa syarat dan cara bayar pajak motor?, Berikut ini penjelasan lengkapnya!.

Syarat Bayar Pajak Motor

Ada 2 macam sayarat bayar pajak motor ini,  yaitu sayarat untuk bayar pajak tahunan dan syarat untuk bayar pajak motor 5 tahunan.

Apa perbedaannya?

Well, berdasarkan pernyataan dari Kepala Subdit Registrasi dan Identifikasi Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Iwan Saktiadi, ini adalah perbedaannya :

“Kalau untuk perpanjangan pajak tahunan itu dilakukan, ada pengesahan di STNK dengan stempel. Kolom stempel itu ada empat, tiap diperpanjang, stempelnya sekali. Kalau sudah lima tahun maka harus mengganti lembaran pengesahan PKB, gnati pelat nomor, cek fisik (nomor rangka dan nomor mesin) hingga jenis kendaraan dan lain sebagainya,”

Bagaimana, sudah tau kan?, oke sekarang back to topic!.

#Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

  1. Fotocopy BPKB motor anda.
  2. STNK Motor yang asli disertai dengan fotocopynya.
  3. KTP asli yang sesuai dengan nama yang tertera pada STNK. dan BPKB motor tersebut disertai dengan fotocopynya.

Note : Ada beberapa yang mengatakan jika syaratnya hanya KTP dan STNK asli. Namun, untuk jaga jaga, silahkan ikuti syarat di atas :).

#Syarat bayar Pajak Motor 5 Tahunan

  1. STNK motor yang asli disertai dengan fotocopy.
  2. Fotocopy BPKB motor.
  3. Cek fisik motor.
  4. KTP yang asli disertai dengan fotocopynya sesuai dengan nama yang tertera pada STNK dan BPKB.

#Cara bayar Pajak Motor

  1. Jika syarat syarat di atas sudah lengkap dan anda telah berada di kantor samsat, maka langkah pertama adalah pergi ke loket pendaftaran bayar pajak motor. Setelah diberikan formulir, isi formulir tersebut secara lengkap dan benar. Disaat itu juga, lampirkan syarat syarat yang diperlukan dalam pembayaran pajak motor.
  2. Setelah mengisi formulir dan melampirkan syarat syarat yang diperlukan, maka serahkan berkas tersebut ke loket penyerahan berkas.
  3. Selanjutnya, anda akan diberi slip pembayaran pajak motor anda. Sehingga, anda mengetahui jumlah pajak yang anda keluarkan. Semakin tinggi harga dan kapasitas mesin dari motor tersebut, maka semakin mahal pajak yang anda bayarkan.
  4. Setelah itu, pergilah ke ke kasir untuk menyerahkan slip dan pajak yang harus dibayarkan + denda pajak “jika anda terlambat membayar pajaknya”. Di tahap ini, anda akan diberikan bukti pembayaran pajak.
  5. Nah, silahkan anda menunggu sampai nama anda disebutkan. Jika nama anda telah dipanggil, maka petugas anda akan memberikan STNK baru yang telah ditempel cap bahwa STNK tersebut telah diperbaharui.
  6. Oiya, jika anda melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, maka bukti pembayaran pajak tadi diserahkan ke loket pengambilan TNKB “Tanda Nomor Kendaraan Bermotor”. Yang kemudian anda mendapatkan plat nomor yang baru.

Oiya, mungkin dari syarat syarat bayar pajak motor tadi menimbulkan suatu pertanyaan “kan nama orang yang ada di KTP harus sama yang ada di STNK dan BPKB, jadi bagaimana jika kita membeli motor bekas yang dapat dipastikan berbeda antara nama di KTP denganSTNK dan BPKB?.

Well, caranya adalah balik nama STNK dan BPKBnya. Sehingga akan sama antara nama di KTP dengan yang ada di STNK dan BPKB.

Sebenarnya ada cara yang mungkin “lebih mudah”, yaitu lewat jasa seseorang. Namun kemungkinan besar ada fee yang anda bayarkan.

Nah, itulah tadi syarat dan cara bayar pajak motor. Saya harap artiikel ini dapat bermanfaat ntuk anda.

Terima kasih telah mengunjungi artikel ini. Jangan lupa share ya!.

About Fadhil Muhaimin

Hanya seorang manusia biasa yang menyukai dunia otomotif dan teknologi. #INI

Check Also

biaya mutasi motor

Biaya Mutasi Motor Dan Mobil Tahun 2017

Biaya Mutasi Motor dan Mobil  – Hai, selamat datang di autodhil.com. Bagi kalian yang sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *