Home / AUTOMOTIVE / Tentang Mobil Listrik “Electric Car”

Tentang Mobil Listrik “Electric Car”

 Tentang Mobil Listrik “Electric Car” – Trend Green Car atau mobil ramah lingkungan mulai banyak dikembangkan oleh produsen otomotif. Bahkan, Negara seperti Korea sudah memperketat mobil mobil disel yang masuk ke negaranya.

Kita tahukan bagaimana mesin disel itu. Semodern modernnya mesin disel masih sangat sangat sangat jauh dikatakan ramah lingkungan. Apalagi baunya..hehehe☺

Nah, salah satu solusi dari masalah tersebut adalah menciptakan sumber energi baru untuk mobil. Salah satunya adalah mobil listrik.

Sebenarnya, mobil listrik telah ada pada pertengahan abad ke 19 dan awal abad ke 20. Namun, karena kepopuleran mobil berbahan bakar bensin, menyebabkan mobil listrik ini sudah tidak diminati lagi, baik itu produsen maupun konsumen.

Barulah pada tahun 2000-an para produsen mobil ingin mengembangkan teknologi ini. Ini dilakukan menyelamatkan bumi ini dari ancaman polusi udara.

Nah, saat itu muncullah beberapa mobil listrik seperti  Tesla Roadster, Nissan Leaf, Renault Fluence Z.E, dan lain lainnya.

Untuk saat ini mobil listrik yang terbaik menurutku adalah Tesla Model S. Karena, Tesla bukan cuman membuat sebuah mobil listrik. Namun melengkapinya dengan teknologi teknologi yang membuat Tesla Model S ini seperti dari masa depan.

Baca Juga : Mobil Bertenaga Hidrogen Yang Ada Di Dunia

Mobil listrik memiliki banyak kelebihan, namun beberapa kelebihan tersebutlah membuat mobil listrik ini kurang diminati oleh produsen. Misalnya, mobil listrik tidak membutuhkan suku cadang yang banyak.

Jadi, jika mobil seperti ini berkembang, maka bagaimana nasib perusahaan perusahaan penyedia suku cadang akan terancam, dan ujung ujungnya…PHK.

Dan juga, bagaimana nasib perusahaan merusahaan bahan bakar seperti shell, petronas, bahkan pertamina?.  Mobil Tesla saja ganti olinya hanya 15 tahun sekali.

Kebayang coba, kapan untungnya perusahaan oli di dunia..hehehe.

Namun,semua itu pasti ada solusinya. Salah satu masalah utama dari mobil listrik ini di  adalah kesediaan dari tempat pengecasannya. Kalau di eropa sih sudah mulai banyak, tapi di Indonesia?.

Baca Juga : Ayo Kenali sistem Keselamatan Yang Ada Pada Mobil!

Berikut adalah beberapa kelebihan dari mobil listrik yang saya dapat dari berbagai referensi

1. Emisi 0

Ya, karena menggunakan listrik, jadi tidak ada emisi gas buang yang dihasilkan. Namun, ada maslah terkait hal ini.

Jika listrik yang digunakan mobil tersebut berasal dari sesuatu yang ramah lingkungan, seperti panel surya ataupun kincir angina, itu bukan sebuah masalah.

Yang masalah adalah jika listriknya tetap berasal dari sesuatu yang tidak ramah lingkungan. Seperti dari  batu bara. Itu sama saja, karena hanya memindahkan polusi dari mobil ke tempat pembangkit listriknya.

Terlebih lagi, di Indonesia belum banyak menerapkan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

2. Tidak Bersuara

Karena menggunakan baterai sebagai penggerak utama, maka tidak ada suara bising yang dihasilkan dari mobil ini. Well, itu kabar baik.

Tapi mungkin agak aneh jika setiap hari mengendarai mobil bersuara besar seperti Ford Mustang V8, terus menaiki mobil ini.

3.  Biaya aftersalesnya yang murah

Karena mobil listrik tidak serumit suku cadangya dibanding dengan mobil bensin, maka biaya aftersalesnya pun bisa dikatatakan murah.

Kita tidak memerlukan busi, filter udara, oli “oli diganti tiap 15 tahun”, kopling, filter oli  dan lain lain. Jadi, walaupun harga dari mobil listrik itu mahal, namun bisa teratasi dengan sedikitnya biaya aftersalesnya.

4. Listrik lebih murah dibandingkan dengan BBM

Yah, kalau ini saya belum mendapatkan data pastinya berapa perbandingan harga yang dikeluarkan jika menggunakan mobil listrik dengan mobil ber BBM.

Namun, banyak sumber yang mengatakan kalau listrik jauh lebih murah dari pada BBM. Itu juga tergantung sih, bagaimana kapasitas baterainya, jarak tempuh dan lain lainnya.

Kelebihan kelebihan yang saya utarakan tadi pastinya tidak terlepas dari suatu kekurangan. Menurut saya, hal yang menjadi salah satu masalah dari teknologi ini adalah pembiasaan untuk menggunakan teknologi ini.

Jika langsung menyuruh untuk menggunakan mobil elektrik pasti mengalami beberapa masalah.

Karena, diperlukan pembiasaan.  Biarpun stasiun pengisian listrik banyak, namun kalau masyarakat belum siap, ya sama saja bohong. Jadi, bagaimana caranya?

Saya memiliki jawaban tersendiri. Menurut saya, sebelum mengadakan mobil listrik ke sebuah wilayah, jangan dulu langsung masukkan mobil listrik. Namun, masukkan mobil mobil plug in hybrid dulu.

Kenapa? Karena, seperti yang kita ketahui bahwa mobil plug in hybrid itukan dapat berjalan dengan 2 sumber bahan penggerak. Yang pertama dan utama adalah BBM dan yang kedua Listrik.

Jadi, masyarakat bisa dulu merasakan bagaimana jika menggunakan bahan bakar  listrik namun tetap bisa menggunakan BBM.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan terbiasa dengan hal ini dan pembangunan insfraktuktur mobil listrik lambat laun akan semakin berkembang.

Namun sayang, solusi yang saya berikan tadi masih ada kekurangan yang cukup besar.

  • Di Indonesia, mobil hybrid memiliki pajak yang tinggi. Karena memiliki 2 penggerak, jadi pajaknya juga 2 kali lipat lebih besar. *Like a stupid tax :v
  • Walaupun konsep dari mobil plug in hybrid ini sangat baik, namun populasinya masih belum banyak.   Yaa walau tidak bisa dikatakan sedikit, namun masih jauh dari populasi mobil berbahan bakar minyak.

Kami sangat menghargai atas kritik yang anda sampaikan

Baik, terima kasih telah melihat artikel ini.

Don’t forget to Like, Share, and read More My Special Article For you
Instagram = @fadilmuhaimin
Facebook = fadilmuhaimin
E-Mail      = fadilmuhaimin88@gmail.com

WikiDhil

  • Plug In Hybrid, merupakan salah satu dari 3 model mobil hybrid. Menggunakan 2 mesin yang terdiri dari mesin bensin dan elektrik.
  • Ford Mustang V8, Muscle Car Amerika yang sangat terkenal akan karakternya. Mesinnya bukan cuman menggunakan unit V8, ada juga menggunakan mesin EcoBoost.

About Fadhil Muhaimin

Check Also

ASUS VivoBook S15 S510

ASUS VivoBook S S510, Sang The Next Level Of Productivity Notebook

  ASUS VivoBook S15 S510 THE NEXT LEVEL OF PRODUCTIFITY NOTEBOOK Anda akan kagum dengan …

6 comments

  1. infonya bagus gan,mungkin akan sangat membantu untuk kedepan nanti
    ditunggu artikel nantinya yang lebih inspiratif

  2. Siap gan…aminn

    terima kasih banyak telah mengunjungi blog ini 😀

  3. Mobil listrik ini sangat kita tunggu di Indonesia,artikel ini bisa jadi rujukan dalam memahami tentang mobil listrik.

  4. mobil listrik elektrik ini kalao tidak salah juga disebut dengan mobil hybrid ya gan? aku pernah mendengar bahwa mobil seperti ini katanya bisa tak bersuara saat melaju.. namun juga menjadi kendala bagi pengguna jalan kaki atau pengendara bermotor lainnya, karena kehadiran dari mobil hybrid ini tidak disadari datangnya , secara tiba tiba dan tanpa suara menyalip gitu aja, ini bisa membuat orang kaget dan celaka. ….. lalu untuk harga dari mobil listrik elektrik ini kira kira berapa ya….??

    • Mobil listrik dan hybrid itu konsepnya beda gan… kalau hybrid menggabungkan antara mesin bensin dan elektrik sedangkan mobil listrik hanya mengandalkan dari baterai dan motor listrik saja… mobil listrik juga tak memiliki gearbox jadi torsinya bisa maksimum di kecepatan apapun..itulah kelenihan mobil listrik..

      Kalau soal itu..kan ada klakson :D..iya kan?

  5. untuk beberapa puluh tahun kedepan mobil ini memang perlu diterapkan pada masyarakat namun memang perlu selalu ada sosialisasi tentang penggunaan mobil yang ramah lingkungan ini. kemudian masyarakat memiliki kesadaran dan meu beralih pada mobil listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: